Kegiatan Webinar tentang Manajemen Bank Sampah yang diselenggarakan oleh Dosen Jurusan Teknik Industri ITATS

Pada tahun 2020 ini, salah satu dosen Jurusan Teknik Industri ITATS berhasil memenangkan hibah pengabdian pada masyarakat Ristekbrin melalui skema Program Kemitraan Masyarakat (PKM). Tim hibah PKM terdiri dari Anindya Rachma Dwicahyani, S.T., M.T. (Dosen Jurusan Teknik Industri ITATS) sebagai ketua tim hibah PKM, Eky Novianarenti, S.T., M.T. (Dosen PPNS) dan Arlini Dyah Radityaningrum, S.T., M.Sc. (Dosen Jurusan Teknik Lingkungan ITATS) sebagai anggota tim hibah PKM.

Salah satu kegiatan yang diselenggarakan dalam rangka kegiatan hibah PKM tersebut adalah Webinar (Seminar Online) dengan judul “Kiat Pengembangan Bank Sampah dan Pengenalan Sistem Manajemen Bank Sampah dengan Aplikasi Smash.id” pada Sabtu, 18 Juli 2020 lalu melalui aplikasi teleconverence Zoom. Webinar tersebut diikuti oleh 25 peserta yang meliputi pengurus dan penggiat bank sampah di kota Surabaya. Webinar tersebut terselenggara atas kerjasama dengan Wehasta (Wahana Edukasi Harapan Alam Semesta) kota Surabaya. Kegiatan ini mengundang dua narasumber yang sudah tidak diragukan lagi kiprahnya dalam bidang Bank Sampah, yaitu Putra Fajar Alam, S.S.I., M.T. selaku founder dari SMASH.id dan dosen Sistem Informasi Telkom University serta Heni Lestari selaku pendamping lapang program bank sampah di Jawa Timur. Kegiatan tersebut juga melibatkan 4 mahasiswa Teknik Industri ITATS sebagai panitia yaitu Muhammad Rafly Isnantoro, Muhammad Feris Febriawan, Dinda Nabila Lubnah, dan Dwi Ananda Viliandini.

Materi oleh pembicara 1 Bapak Putra Fajar Alam, S.S.I., M.T. (founder dari SMASH.id dan dosen Sistem Informasi Telkom University)
Materi oleh pembicara 2 Ibu Heni Lestari (pendamping lapang program bank sampah di Jawa Timur)

Tujuan dari kegiatan webinar tersebut adalah:

  1. Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pengelola bank sampah di Surabaya terkait sistem manajemen bank sampah yang baik
  2. Memberikan alternatif solusi kepada para pengelola bank sampah di Surabaya melalui pengenalan aplikasi Smash.id
  3. Menjalin jaringan dan hubungan baik antar bank sampah di Surabaya
  4. Memberikan kontribusi dalam rangka peningkatan dan pengembangan bank sampah di Surabaya melalui kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat

Kegiatan yang diikuti oleh total sebanyak 34 participant tersebut terselenggara dengan baik dan lancar dengan antusias yang sangat baik dari para peserta. Melalui kegiatan ini, tim hibah PKM ITATS berharap dapat berperan serta dalam upaya pengabdian masyarakat demi pemberdayaan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat, bahkan di era pandemic Covid19 seperti saat ini.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *